Kamis, 02 Oktober 2014

Batre Android boros? Berikut tips agar lebih hemat

Ilustrasi sistem operasi Android.Pengguna ponsel Android sering kali mengeluhkan daya tahan baterainya. Ponsel Android seringkali kehabisan daya kurang dalam waktu 24 jam. Salah satu solusi adalah membawa power bank sehingga Anda bisa melakukan pengecasan dimana saja.
Tapi sebenarnya Anda bisa memperpanjang daya tahan ponsel Android Anda dengan mempraktikkan beberapa tips berikut.
1. Non-aktifkan laporan lokasi dan sejarah lokasi
Penggunaan GPS menguras daya baterai karena aplikasi tersebut mengaktifkan chip GPS ponsel, berinteraksi dengan tower operator dan hotspot Wi-Fi untuk menemukan lokasi Anda. Semakin sering ponsel melacak lokasi Anda, semakin banyak pula daya yang digunakan. Dan itu tak termasuk penggunaan aplikasi Google Maps.

Fitur laporan lokasi dan sejarah lokasi adalah dua aplikasi yang tidak Anda gunakan setiap saat. Jika Anda ingin menghemat daya baterai, kedua fitur itu bisa dimatikan dengan menuju ke Settings --> Location --> Google Location Reporting dan non-aktifkan keduanya.
2. Matikan Google Now
Google Now adalah asisten personal yang baik, tapi penggunaannya akan menguras daya tahan baterai. Untuk menghemat daya melalui penonaktifan beberapa fitur Google Now, Anda bisa menuju ke Google Now, arahkan ke bagian terbawah halaman. Matikan fungsi Travel time dan Nearby places yang menguras daya karena menggunakan fitur GPS.

3. Pemindaian Wi-Fi
Anda tentu mengetahui bahwa jika fitur Wi-Fi tidak dimatikan maka penggunaan daya baterai bakal lebih banyak. Tapi ternyata jika Anda telah mematikan fitur tersebut, ponsel Android masih mencari Wi-Fi yang bisa diakses.

Untuk memastikan baterai ponsel Anda tak terkuras, periksa Wi-Fi Settings --> Advanced dan matikan centang dalam kotak Wi-Fi scanning.
4. Matikan fitur sinkronisasi
Saat Anda menambahkan akun e-mail dalam ponsel, Google akan mengansumsikan bahwa Anda selalu ingin mensinkronisasikan semuanya. Sinkronisasi tersebut termasuk pembelian melalui Google Play, Google Keep serta foto-foto.

Fitur sinkronisasi foto ternyata sangat menguras baterai. Setiap kali Anda memotret, Google akan mengunggahnya ke akun Anda sebagai salinan.
Ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Matikan sinkronisasi ini dengan menuju ke Settings dan carilah alamat e-mail Anda dalam kolom akun. Klik nama akun untuk mengakses pengaturan sinkronisasi, dimana Anda bisa mengatur apa saja yang tak ingin disinkronisasi secara otomatis. Didalamnya termasuk opsi Google Photos.
Jika hal tadi terlalu rumit, Anda bisa mematikannya ke Gallery app --> Settings dan mematikan sinkronisasi Google Photo.
5. Gunakan aplikasi penghemat daya
Jika Anda tak yakin seberapa boros sebuah aplikasi menguras daya Anda, Anda bisa menggunakan aplikasi penghemat baterai.

Beberapa aplikasi yang bisa digunakan adalah Battery Defender, Juice Defender, Go Battery Saver & Power Widget, Autorun Manager atau Tasker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar